MaFbNGNbNaV8MWZ4MaJ8LGt5yTUfATofA6YbyaV=
Terobosan Revolusioner: Drone Telehealth Membawa Layanan Kesehatan ke Era Baru

Terobosan Revolusioner: Drone Telehealth Membawa Layanan Kesehatan ke Era Baru


Revitalisasi Kesehatan: Drones Telehealth Membawa Layanan Kesehatan Dasar

Drones tidak hanya digunakan untuk pengiriman tanpa kontak, yang tentu sangat membantu di era pandemi, meskipun layanan ini belum merata. Selain menyediakan pengiriman obat-obatan, drone telehealth mungkin akan mulai menawarkan layanan medis juga.

Lebih dari Pengiriman Biasa

Tim peneliti di University of Cincinnati (UC) telah mengembangkan sistem yang menyatukan layanan telehealth dalam sebuah drone. Jika sebelumnya kita mengenal telehealth sebagai dokter yang memberikan saran medis melalui telepon, sekarang drone akan menjadi sarana penyediaan saran dan perawatan dasar.

"Inventor Victoria Wangia-Anderson, Manish Kumar, Seung-Yeon Lee, dan Debi Sampsel, dari tiga perguruan tinggi di UC, berkolaborasi untuk mengembangkan prototipe semi-otonom yang dapat dikirim langsung ke rumah orang. Drone ini cukup besar untuk membawa obat atau persediaan medis, tetapi cukup kecil untuk manuver di ruang terbatas rumah dengan algoritma navigasi yang dikembangkan oleh insinyur UC," demikian pernyataan pers universitas.

Pertolongan Pertama oleh Drone Telehealth

Dengan cara tertentu, konsep telehealth yang sudah ada akan tetap terintegrasi, karena drone telehealth ini akan dilengkapi dengan "kamera dan layar tampilan sehingga pasien dapat berbicara dengan profesional kesehatan dari kenyamanan rumah mereka."

Mengangkat standar sedikit, drone ini juga akan dilengkapi dengan "kotak tahan air seukuran kotak pertolongan pertama kecil untuk memberikan persediaan medis atau mengumpulkan uji laboratorium yang dilakukan sendiri."

Manish Kumar, salah satu peneliti di universitas, seorang profesor teknik mesin, dan lab-nya telah "mengembangkan sistem otonom yang menggabungkan kecerdasan buatan dengan serangkaian sensor yang memungkinkan drone untuk menavigasi lingkungan tiga dimensi yang penuh dengan rintangan dan kompleks, seperti pintu masuk rumah dan ruang tamu seseorang."

Solusi Berkelanjutan

Inilah yang dibutuhkan oleh sistem telehealth - lebih dari sekadar menjelaskan gejala Anda kepada dokter. Sebuah drone yang melihat Anda dapat diinstruksikan untuk mungkin mengukur tanda vital Anda dan mungkin melakukan beberapa tes. Mungkin di masa depan, bahkan bisa melakukan tes darah atau X-ray. Meskipun, para profesional medis sering kesulitan mengambil sampel darah dari saya, jadi saya tidak yakin seberapa berhasil drone ini nantinya.

Di tengah pandemi, mungkin seorang drone bahkan dapat memberikan vaksin kepada orang daripada hanya mengirimkan obat-obatan untuk vaksin. Sistem seperti ini mungkin dapat memecahkan kesulitan vaksinasi seluruh populasi dalam waktu singkat.

Telehealth Drones di Udara

Mungkin drone telehealth juga dapat memberikan perawatan bagi orang yang sakit akibat virus yang sangat mudah menular. Jika mereka membutuhkan I.C.U. atau ventilator, masih memerlukan rawat inap, tetapi orang lain dapat diuji dan menerima perawatan di rumah mereka dari drone telehealth. Ini dapat menyelamatkan lebih banyak orang dari penularan virus.

Harap dicatat bahwa ini hanya awal dari proses ini - masih jauh dari siap digunakan. Namun, ini memberikan gambaran indah tentang bagaimana segala sesuatu mungkin meningkat di masa depan.

Komentar

Contact Us via Whatsapp